Terima kasih telah membuka artikel panduan website bisnis keren ini sebagai salah satu panduan bisnis internet yang anda pilih untuk menambah SKILL anda di Internet marketing.

Ini bukan tentang TEORI detail website seperti anda sekolah IT hehe… tapi bagaimana membuat website bisnis yang memang akan di pakai untuk keperluan bisnis internet atau INTERNET MARKETING. Tetapi untuk pengenalan saja bagaimana membuat website yang simple dan cepat kurang dari 24 jam.

Lalu apa sih sebenernya website itu?

Web Site Disebut juga (Baca: nama lain) site, situs, situs web, atau portal. Secara makna adalah sebuah situs pada umumnya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain yang ditempatkan pada sebuah server web (hosting) yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet ataupun ditempatkan pada jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat internet (URL). Website merupakan sebuah komponen yang terdiri dari teks, gambar, tampilan video, suara animasi sehingga menjadi media informasi yang menarik untuk dikunjungi oleh orang lain.

Dengan teknologi yang berkembang pesat. Peranan website begitu penting untuk informasi yang terupdate dan akurat saat ini bahkan informasi yang belum kita ketahui. Maka dari itu hampir setiap detik orang mengklik website baik itu web informasi, berita, bahkan humor sekalipun. Dan saat ini website memiliki ragam yang sudah banyak.

Ketika anda sekarang tidak mempunyai website sangat di sayangkan karena anda bisa sangat tertinggal. Misalkan anda memiliki toko dipasar sedangkan pesaing anda sudah mempunyai website toko online, secara otomatis anda akan tertinggal dari segi income dan jaringan pemasaran anda. Terlebih sejak Wabah Covid19 melanda, pembatasan gerak dan aktivitas luar rumah membuat kebanyakan orang lebih lama berdiam di rumah sehingga kebutuhan informasi dan berbelanja pun dilakukan secara online.

Jenis Website Bisnis Internet Marketing

Jenis-jenis website sebenarnya ada banyak. Tetapi menurut saya ada 5 jenis website. Yaitu:

  1. Blog atau Web WordPress -> Dari sini bisa di jadikan toko online, company profile, membership, minisites, landing page dan banyak lagi.
  2. Blogger
  3. Landing Page atau Squeeze page -> HTML
  4. Minisites -> HTML
  5. Website membership -> Dengan PHP

 

Mengenal Domain Dan Hosting

Apa sih domain itu?

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Dan nama domain ini tidak bisa lebih dari satu atau double, jadi hanya ada 1 nama domain.

Gambar yang di tunjukkan di atas, disanalah nama domain anda di ketik Nah, gampangnya kalo di dunia offline ini adalah nama Toko anda atau nama perusahaan anda.

Lalu apa itu hosting?

Hosting adalah layanan berbasis internet sebagai tempat penyimpanan data atau tempat menjalankan aplikasi ditempat terpusat yang disebut dengan server dan dapat diakses melalui jaringan internet. Hosting bisa disebut sebuah space atau ruang yang dapat digunakan untuk menyimpan beberapa file yang ada hubungannya dengan website, antara lain seperti HTML, PHP, musik, video, gambar ataupun yang lainnya Jadi hosting kalau di offline bisa disebut Rumahnya atau ruangannya, sedangkan domain nama rumah tersebut.

Kesimpulannya adalah… Domain dan hosting adalah 2 hal yang sangat anda perlukan untuk membuat website bisnis anda nanti.

Tips Memilih Nama Domain Bisnis Anda

Setelah anda paham mengenai dasar di atas muncul pertanyaan dan pertanyaan ini juga yang sering ditanyakan saat seseorang membangun bisnis online, Bagaimana sih Cara Memilih Nama Domain Yang Tepat? Cara Memilih Nama Domain Yang Bagus? Apa sih nama domain yang tepat buat bisnisku? serta aneka pertanyaan yang semacamnya…

Oke saya akan bantu anda dalam hal ini.

Pada dasarnya nama domain dari sebuah website yang kita bangun itu mengacu pada tiga kepentingan:

  1. Branding
    Fokus ke branding sehingga nama domain anda selalu di ingat. Misalkan seperti facebook ,zaman saya SD tidak terkenal bahkan saya pun tidak tahu. Sekarang, siapa yang tidak tahu Facebook sampai anak SD pun tahu Facebook.
  2. Konversi
    Lebih berfokus pada produk yang akan di jual, bisa saja jasa ataupun barang. Seperti website traveloka.com menjual jasa travel. Dan Lazada.com menjual barang-barang yang di butuhkan orang banyak.
  3. Branding dan Konversi
    Ya jelas sekali ada juga website yang menggunakan sebagai branding dan konversi. Ini banyak sekali contohnya. Ada buat branding (mudah di ingat) dan konversi (tempat menjual produk-produk).

Tapi bagaimana cara mengidentifikasinya?

Dibawah ini Anda akan menemukan 7 karakteristik nama domain yang bagus:

  1. Singkat
    Nama domain yang bagus adalah yang singkat. Bukan sebuah kebetulan bahwa semua domain (.com) yang terdiri dari 3 dan 4 huruf sudah tidak ada lagi dan yang sepanjang 5 huruf juga berkembang pesat Tidak ada jumlah huruf spesifik yang perlu Anda incar, tapi ingatlah bahwa semakin singkat akan semakin baik Jika Anda memerlukan petunjuk, cobalah untuk tetap berada dibawah 10 huruf dan jangan pernah melewati 20 huruf.
  2. Mudah Diingat
    Kebanyakan pengguna internet tidak menggunakan bookmark. Mereka hanya mengingat nama domain dari situs favorit mereka dan mengetikkannya setiap ingin mengunjunginya Tentunya… jika nama domain Anda begitu kompleks sampai sulit diingat, maka Anda akan kehilangan pengunjung seiring berjalannya waktu Contoh: Brcwr.com adalah domain yang singkat, tapi sangat sulit untuk diingat, sehingga merupakan ide yang buruk untuk menggunakannya dalam situs Anda (kecuali kata tersebut merepresentasikan nama situs tersebut atau sebuah pesan yang bisa diingat).
  3. Mudah Dieja
    Hal terakhir yang Anda inginkan adalah pengunjung-pengunjung Anda salah mengeja domain Anda dan malah berakhir di situs lain Hindari penggunaan kata asing yang tidak biasa, kata-kata yang memiliki pelafalan yang kompleks, kombinasi huruf yang aneh dan hal-hal lain yang mungkin membuat seseorang salah mengeja alamat situs Anda Contoh: Coffebusinness.com mungkin akan bermasalah untuk pengunjung yang berbahasa inggris
  4. Memiliki ekstensi akhiran (.com)
    Organisasi-organisasi mungkin lebih memilih untuk menggunakan domain .org dan perusahaan yang menargetkan area geografis yang sangat spesifik mungkin ingin menggunakan domain lokal (cth- .co.uk, .co.id) Walaupun begitu, diluar dari kasus-kasus ini, sebuah domain .com tetap yang terbaik.Ekstensi ini adalah yang paling popular dan sudah tertanam dalam pikiran orang-orang. Pengunjung yang datang ke situs Anda.melalui search engine atau link organic akan lebih memperhatikan nama situs, bukan alamat URL lengkapnya. Karena itu, saat mereka ingin mengunjungi situs Anda lagi, mereka kemungkinan besar akan mengetikkan nama situs Anda diakhiri dengan .com. Tentunya, jika situs Anda tidak berakhiran .com bukan situs Anda yang akan mereka kunjungi melainkan situs lain dengan nama serupa yang menggunakan ekstensi .com.

    Sebagai contoh, Joni membuat blognya yang populer pada domain joni.net. Tapi walaupun dia sudah memiliki brand yang kuat, beberapa pengunjung masih masuk ke joni.com. Karena itu, Budi harus membeli versi .com dan melakukan redirect ke situsnya, sehingga tidak akan ada pengunjung yang ‘bocor’

  5. Deskriptif
    Banyak pengunjung akan datang ke situs Anda melalui search engine dan direct link dari situs lain. Mereka datang jika mereka tertarik dengan nama domain Anda. Memiliki nama domain yang deskriptif akan memberi pengertian awal pada pengunjung tentang situs Anda, bahkan sebelum mereka masuk.Jika ada keyword tertentu dalam domain Anda, maka rangking search engine Anda juga bisa terbantu

    Sebagai contoh, Anda pastinya bisa menebak isi TelevisionGuides.com bahkan sebelum mengunjunginya, bukan? Coba sekarang balikkan keadaannya. Anggaplah Anda sedang mencari sebuah review film. Anda mencari di Google, dengan hasil teratas datang dariMikesLair.com dan hasil kedua datang dari MoviesCentral.com Yang mana yang akan Anda klik? Pasti yang ke 2, bukan?

  6. Brandable
    Sebuah domain yang brandable memiliki pelafalan yang baik, kombinasi huruf yang menarik atau efek visual yang menarik. Kadang memang tidak terlalu deskriptif, tapi bisa sama efisiennya Domain yang brandable akan membuat pengunjung Anda meng-asosiasikan nama situs Anda dengan isi di dalamnya.Contoh: mygame.com adalah salah satu blog tentang game paling populer di internet. Nama domainnya tidak deskriptif sama sekali, tapi brandnya sangat kuat sehingga gamer di dunia internet bisa langsung mengenalinya
  7. Tidak ada penghubung atau angka
    Nama domain yang mengandung penghubung dan angka memang lebih murah. Mereka memiliki masalah yang sama dengan domain yang tidak menggunakan ekstensi .com atau menggunakan ejaan yang sulit.Mari kita lihat cover-ebook.com Kata-kata yang akan teringat oleh orang-orang adalah ‘cover’ dan ‘ebook’. Banyak pengunjung akan melupakan penghubungnya (-) Kemungkinan mereka akan berusaha mengakses situs Anda dengan mengetikkan coverebook.com dan berakhir sia-sia.

    Angka juga akan membingungkan orang-orang dengan ejaannya. Anggap saja Anda menggunakan domain CoverEbook5.com. Pengunjung mungkin akan tertukar dengan CoverEbook.com kalau mereka tidak mengingat ada angka di nama domain Anda.

Ini adalah 7 tips karakteristik untuk anda bisa memilih nama domain yang baik untuk website anda nantinya

Pengecekan domain Anda Sebelum anda membuat website ataupun blog. Anda harus mengecek nama domain anda. Karena nama domain hanya sekali dan tidak ada yang sama.

Saya biasa mengecek nama domain di www.checkdomain.com Anda tinggal search di google maka tampilan websitenya seperti di bawah ini:

Lalu anda bisa masukkan nama domain di kolom yang di sediakan dan klik enter, contoh di bawah ini:

Jika notif yang di berikan adalah Available, maka artinya domain tersebut bisa anda gunakan atau belum pernah ada yang menggunakan domain tersebut Mudah kan? Oke … Sekarang anda sedikit faham tentang pengenalan website secara umum…

Selanjutnya anda bisa belajar di Artikel mendatang. Terima Kasih..

admin

By admin