Usaha sampingan modal kecil di Indonesia saat ini, terbilang cukup banyak. Dan banyak juga cerita-cerita sukses para pelaku usaha yang sudah berpenghasilan puluhan hingga jutaan rupiah hanya dari usaha sampingan modal kecil yang mereka jalankan. Tentunya hal itu, sering membuat orang bertanya-tanya bagaimana kesuksesan itu dapat terjadi? Hanya dengan usaha sampingan modal kecil, dapat meraup keuntungan yang cukup banyak. Sebenarnya, itu bukan suatu omongan belaka saja.

Hal itu dapat terjadi karena kesungguhan hati dan ketahanan mental dalam menghadapi permasalahan di awal-awal merintis usaha. Yang paling sering menjadi permasalahan dalam sebuah usaha adalah banyaknya pelaku usaha yang tidak tahu teknik mempromosikan usaha mereka. Alhasil mereka hanya dapat mengandalkan omongan para pelanggan dari mulut ke mulut.

Kurangnya pengetahuan dari segi marketing sering kali membawa dampak pada kelangsungan usaha yang dijalankan. Nah bagi Anda pebisnis pemula dan belum mengetahui tentang apa itu Email Marketing, ini dia informasi lengkap untuk Anda :

Mengenal Email Marketing
Apa sih Email Marketing itu? Mungkin bagi pebisnis pemula kata-kata itu terdengar asing dan tidak penting. Apalagi para pebisnis yang hanya menjalankan usaha sampingan modal kecil. Email Marketing seolah bukan sesuatu yang perlu di beri perhatian lebih. Namun, jika pemikiran seperti itu berlanjut, bukannya tidak mungkin usaha-usaha yang Anda jalankan akan gagal begitu cepat. Oleh karena itu, Anda sebagai pelaku usaha perlu mengenal Email Marketing. Sekarang ini terdapat begitu beragam teknik-teknik marketing. Baik itu dari marketing usaha dalam skala yang paling kecil hingga sampai dengan skala yang paling besar.

Email Marketing ini merupakan teknik promosi usaha yang paling simple dan mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Baik itu yang masih pemula sampai dengan yang sudah professional. Mempromosikan suatu usaha seperti halnya dengan usaha sampingan modal kecil dengan menggunakan Email Marketing akan sangat efisien. Email Marketing dapat digunakan oleh Anda, cukup dengan membuat akun email.

Untuk Email Marketing ini sendiri ada beberapa jenis yang bisa di gunakan dalam promosi usaha Anda, namun ada 3 jenis Email Marketing yang mudah di gunakan terutama untuk para pemula, yaitu pertama Direct Email, ini adalah tehnik mengirim email dengan menggunakan link atau HTML. Kedua Retention Email, jenis Email Marketing yang satu ini dapat Anda gunakan untuk menjaga hubungan baik dengan para pelanggan yang sudah menetap dalam list email Anda.

Untuk isi email ini sendiri Anda tidak perlu hanya sekedar memberitakan promosi-promosi usaha Anda saja, tetapi Anda juga dapat menggunakan kesempatan ini untuk hanya sekedar menyapa para pelanggan Anda dengan menggunakan informasi-informasi yang berguna dan menarik. Ketiga adalah jenis Email Marketing dengan cara beriklan di email orang lain, jenis Email Marketing ini adalah yang paling mudah untuk dilakukan bagi Anda yang tidak memiliki jumlah konsumen yang banyak. Namun ketidakuntungan Email Marketing yang satu ini, yaitu adanya biaya tambahan yang harus Anda keluarkan untuk usaha sampingan modal kecil yang Anda jalankan.

Fungsi Email Marketing
Fungsi Email Marketing bagi usaha sampingan modal kecil Anda itu sangat banyak, diantaranya yaitu menggunakan Email Marketing mampu memberikan akses informasi dengan cepat. Fungsi ini akan memudahkan Anda untuk merespon email-email pelanggan Anda tanpa perlu bagi pelanggan Anda untuk bertatap muka langsung yang tentunya hal itu akan memakan lebih banyak waktu dan cenderung tidak efesien. Kemudian Email Marketing ini juga berfungsi sebagai sarana untuk menjaga hubungan baik dengan para pelanggan tetap Anda. Dengan adanya email-email yang Anda kirimkan kepada para pelanggan Anda, meskipun itu bukan tentang promosi-promosi usaha Anda, maka Anda tetap memperoleh manfaat dengan tetap dapat menjaga silaturrahmi.

Selain itu, Email Marketing ini berfungsi untuk menghemat biaya. Kegunaan Email Marketing pada usaha sampingan modal kecil Anda, maka Anda dapat membuat biaya yang harus Anda tanggung lebih ringan dari pada Anda harus melakukannya secara manual. Selain itu, tingkat responsif terhadap penggunaan Email Marketing ini akan lebih cepat dibandingkan hanya menggunakan brosur dan lainnya. Nah, mulai sekarang ada baiknya jika Anda mulai menggunakan Email Marketing bagi Anda yang memiliki usaha sampingan modal kecil.

admin

By admin

One thought on “Email Marketing Untuk Usaha Sampingan Modal Kecil Anda”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *